LDK OSIS Jala Krida Taruna Jaya Masa Jabatan 2017/2018

Latihan Dasar Kepemimpinan / LDK adalah sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Pelatihan ini biasanya yang diberikan oleh Pengurus OSIS lama kepada calon Pengurus OSIS baru, baik untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama maupun Sekolah Menengah Atas (untuk LDK tingkat sekolah menengah). Pelatihan dasar yang diberikan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan kepada Pengurus OSIS baru yang nantinya akan menjadi pemimpin dari seluruh kesatuan OSIS dari sekolah yang bersangkutan.

LDK biasanya diberikan dalam 2 bagian yaitu LDK Fisik dan LDK Mental. Pemberian materi dari kedua jenis LDK ini biasanya diberikan di waktu dan tempat yang berbeda. Untuk LDK Mental, yang menjadi pemberi materi bukanlah lagi para Pengurus OSIS lama melainkan Dewan Guru, Pembina OSIS, Kepala Sekolah serta Guru Psikologi dan Konseling dari sekolah yang bersangkutan, atau bisa juga dengan cara menyewa dari suatu Lembaga Psikologi Independen. LDK Fisik biasanya diberikan di sekolah dalam waktu 3-5 Hari penuh, sedangkan LDK Mental biasanya diberikan di luar kota dalam waktu 2-4 hari. (Wikipedia.org)

Rangkaian pemilihan keanggotaan OSIS Jala Krida Taruna Jayamasa bakti 2017/2018 diawali dari Pemilos (Pemilihan Ketua Osis) dan diakhiri pada kegiatan LDK. Penjaringan anggota OSIS dilakukan dengan cukup ketat, mulai dari psikotes hingga wawancara. Penetapan keanggotan OSIS dipiih oleh Wakasek Kesiswaan beserta seluruh pembina OSIS. Pada tanggal 7 Agustus 2017 dilaksanakan Pemilos (Pemilihan Ketua OSIS), Pemilos di SMA Negeri Bareng dilaksakan seperti pemilihan umum yang dilaksakan serentak. Setiap pasangan ketua diberikan kesempatan berorasi tentang visi dan misinya, setelah itu barulah dilaksanakan pencoblosan oleh seluruh warga SMA Negeri Bareng. Ada dua kandidat ketua OSIS yang dicalonkan yaitu pertama Kristanto dari kelas XI IPS 1 dan kedua Dione Tabita dari Kelas XI IPA 3. Proses pencoblosan hingga perhitungan suara dilaksakan secara langsung pada hari itu juga.

Ketua OSIS Jala Krida Taruna Jaya SMA Negeri Bareng masa bakti 2017/2018 yang terpilih adalah ananda Kristanto, denag hasil pemilihan yang cukup tipis. Setelah terpilihnya ketua OSIS, dilaksakanlah pelantikan pada tanggal 14 Agustus 2017 yang disahkan oleh kepala sekolah beserta anggota kesiswaan SMA Negeri Bareng. Penutupan rangkaian kegiatan tersebut adalah LDK, yang dilaksakan di Waduk Selorejo Malang pada tanggal 25-26 Agustus 2017.

Sumber : wikipedia.org