Program SMA Double Track

Tahun 2019/2020 adalah tahun pertama SMA Negeri Bareng menyelenggarakan program SMA Double Track yang digagas oleh ITS bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

Apa itu Program SMA Double Track?

SMA Double Track adalah program unggulan provinsi Jawa Timur dalam mengatasi anak-anak SMA yang tidak bisa melanjutkan ke perguruan tinggi dengan membekali keahlian tertentu dengan orientasi dunia kerja. Kelak, anak-anak lulusan double track akan diarahkan kepada dunia kerja dan usaha. Jadi anak-anak lulusan double track akan mempunyai dua bekal dalam menghadapi hidup setelah lulus, yaitu ilmu selama sekolah di SMA dan ilmu yang didapat dari pelatihan double track. Diharapkan lulusan-lulusan SMA yang ikut program SMA Double Track akan siap bertarung dalam dunia kerja dan usaha, meskipun seandainya mereka tidak dapat melanjutkan ke perguruan tinggi. Pun demikian bukan berarti siswa-siswi yang ikut double track adalah anak yang dipastikan tidak masuk perguruan tinggi, Tidak! Ilmu yang didapat dalam program SMA Double track diberikan kepada siapa saja siswa-siswi Smaneba yang berminat menambah keahlian tertentu sesuai dengan minat dan jurusan dalam SMA Double track tersebut.

Diantara keahlian yang diselenggarakan tahun pertama ini adalah dua program TATA BOGA dan MULTIMEDIA.  Dalam tata boga anak-anak dibekali ilmu dalam hal tata kelola membuat produk kuliner secara profesional dan mempunyai nilai jual, sehingga kelak akan memiliki keterampilan membuat produk dibidang kuliner dan menyajikan dengan bentuk dan kualitas yang bagus. Sedangkan program Multimedia, anak-anak diberi keterampilan dalam dunia komputer, sehingga ketika lulus kelak bisa menggunakan ilmunya masuk ke dunia kerja bahkan ketika siswa tetap melanjutkan ke perguruan tinggi tetap bisa digunakan dalam dunia kuliah.